Album Perjalanan Lainnya | Kembali

Gunung Merbabu 3142 mdpl Jawa Tengah

Peserta : Eka, Jumhana, Pandi, Musri, Max, Momon, Yayan
Dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 63 tahun kami dampal Mountain Club kembali melakukan pendakian ke Gunung Merbabu 3142 mdpl Jawa Tengah. Selamat Ulang Tahun Indonesiaku! Semoga semakin jaya.
"Sampai stasiun kereta pukul 20:30 duduk aku menunggu tanya loket dan penjaga kereta tiba pukul berapa... biasanya kereta terlambat 2 jam cerita lama". Mungkin sepenggal lagu Iwan Fals diatas tepat ditujukan buat kami yang pada waktu itu harus rela menunggu kereta berjam-jam di stasiun Cikampek. Hari itu tanggal 15 Agustus 2008 kami terpaksa harus rela menunggu kedatangan kereta Progo yang di jadwalkan tiba di Cikampek jam 22:00 Wib ternyata telat 2 jam. Malam itu kereta ternyata tiba di Cikampek Jam 12 malam. Eh..udah gitu ternyata penumpangnya penuh banget, akhirnya terpaksa kami harus ganti kereta yang lewat jalur selatan sehingga perjalanan yang kami tempuh menjadi tambah lama. "Tapi gak apa2lah yang penting kami selamat sampai di tujuan"
Akhirnya setelah menempuh perjalanan kurang lebih 16 Jam kami pun tiba di Base camp Merbabu "MANGGALA" yang berada di Dsn. Cuntel Desa Kopeng Kab. Semarang Jawa Tengah. Untuk melakukan pendakian ke Gunung Merbabu kita dapat menempuh empat jalur pendakian yaitu Jalur Wekas Magelang, Cuntel, Tekelan dan Selo Boyolali. Dalam perjalanan ini kami memilih melakukan pendakian melalui jalur Cuntel Kopeng.
Setelah mengisi perut dan mengurus segala administrasi pendakian serta mengecek ulang perlengkapan kami pun segera melanjutkan kembali perjalanan. Jam 17:00 tepat kami mulai melakukan pendakian tak lupa sebelumnya kami melakukan doá bersama terlebih dahulu agar perjalanan kami selamat sampai tiba di puncak nanti. Hari pun semakin sore kami pun mulai melangkahkan kaki melewati rumah2 penduduk sebelum memasuki kawasan perhutanan. Hari semakin gelap pertanda malam mulai merayap, di bawah sinar bulan, cahaya bintang2 kami pun terus menyusuri gelapnya malam sambil ditemani dinginnya udara malam saat itu.
Puncak Merbabu 3142 mdpl dengan background Gunung MerapiGunung Merbabu memiliki 2 puncak yang pertama adalah puncak Syarip yang memiliki ketinggian 3119 mdpl dan yang kedua adalah puncak Kenteng Songo puncak paling tinggi dengan ketinggian 3142 mdpl. Bila kita ingin melanjutkan pendakian ke gunung Merapi dari puncak ini kita bisa melanjutkan pendakian ke Gunung Merapi melalu jalur Selo Boyolali.